Berenang Jenis Olahraga Yang Sangat Bermanfaat Selain Untuk Kesehatan

Berenang Jenis Olahraga Yang Sangat Bermanfaat Selain Untuk Kesehatan 

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

1. Berenang adalah seperti latihan aerobik, yang memperkuat jantung, tidak hanya membantu jantung lebih besar, tetapi membantu proses memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik.Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik memerangi respon inflamasi tubuh yang menyebabkan penyakit jantung.

2. Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik.

3. Renang merupakan olahraga paling efisien untuk membakar lemak dalam tubuh. Renang akan membakar kalori lebih cepat daripada melakukan tredmil. Bahkan gaya kupu-kupu yang dilakukan selama 10 menit mampu membakar 150 kalori dalam tubuh.

4. Mulai dari yang paling sederhana, anak Anda yang belajar renang tentunya akan belajar untuk mengikuti instruksi dan sebagainya. Dengan belajar mengikuti instruksi, anak juga akan belajar untuk mengikuti aturan.
Kedisiplinannya pun ikut terlatih. Melatih kedisiplinan anak sejak dini akan membuat anak terbiasa dengan pola hidup disiplin.

5. Tidak perlu untuk takut jika anak-anak akan masuk angin atau sakit bila berenang. Jika dilakukan dengan benar dan juga rutin, berenang justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Gerakan yang dilakukan saat berenang akan memperlancar sirkulasi darah dan kerja organ-organ tubuhnya. Dan otot-otot tubuhnya akan kian lentur dan kuat sehingga daya tahan tubuhnya menjadi tinggi. Keuntungan lain adalah diduga gerakan anggota badan anak-anak ketika berenang akan merangsang saraf-saraf tepinya. Kalau sudah begini, saraf di otak jadi aktif.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.