Berikut 8 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Berikut 8 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Anda 

Berikut ini yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, mulai dari makanan hingga yang wajib dilakukan :

1. Anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap membuat tubuh Anda aktif bergerak. Jalan-jalan di taman, bersepeda, atau bermain futsal bersama teman, cocok untuk dijadikan kegiatan rutin. Lakukan aktivitas fisik yang Anda sukai dan jadikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari hidup Anda.

2. Kandungan omega-3 pada lemak atau minyak ikan membantu meningkatkan kinerja otak dalam memori, mental, dan perilaku.

Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dapat memperburuk kemampuan mengolah memori, mental, dan emosi. Selain itu Anda akan mudah merasa lelah dan depresi. Sumber makanan yang kaya omega-3, di antaranya ikan salmon, trout, mackerel, herring, sarden, pilchards dan kipper.

3. Kacang-kacangan kaya akan mangan, selenium, dan tembaga yang mampu meningkatkan kinerja otak dan menjaga kesehatan mental.

4. Keuntungan teknik relaksasi adalah untuk menurunkan kadar stres. Salah satunya adalah dengan teknik pernapasan, meditasi, visualisasi, olahraga ritme, dan melakukan yoga. Semua olahraga ini mampu menurunkan stres dan membuat mental Anda kembali segar.

5. Jangan lupa bahagia! Bersenang-senanglah yang bisa membuat Anda tertawa lepas. Jadilah diri sendiri, bersenda gurau bersama teman-teman, atau pergi jalan-jalan ke tempat yang Anda sukai.

6. Jika Anda melihat diri Anda mengalami terlalu banyak situasi yang membuat Anda sedih dan kesepian, makan cokelat dapat membantu meningkatkan mood Anda. Cokelat umumnya merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak yang merupakan pertanda kenikmatan dan kebahagiaan.

7. Luangkan waktu Anda untuk melakukan meditasi. Saat meditasi maka tubuh dan pikiran akan menjadi lebih relaks. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin melakukan meditasi, memiliki pikiran yang lebih terbuka dan tidak kaku, dibandingkan orang yang tidak pernah meditasi. Setelah meditasi, diharapkan Anda dapat menghadapi berbagai permasalahan dengan lebih baik. Hal tersebut dapat membuat mental Anda tetap sehat.

8. Ada dua alasan mengapa teh hijau baik untuk mendukung konsentrasi Anda. Pertama, teh mengandung kafein dan kedua teh mengandung l’theanine. Kafein berfungsi dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Sementara, l’theanine terbukti meningkatkan rasa rileks karena mampu memperlambat proses terbentuknya kafein dalam teh. Apabila kedua kandungan digabungkan akan menghasilkan khasiat yang lebih baik bagi daya fokus dan konsentrasi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.