Cara Utama Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Bijak

Cara Utama Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Bijak

Menjadi pemimpin atau leader yang disukai bawahan bukanlah hal yang mudah. Karena selain akan menjadi panutan bawahan, anda juga diwajibkan untuk menguasai beberapa bidang lebih banyak ketimbang yang lain.

Seorang leader yang baik juga tidak hanya dinilai baik dari hasil kerjaan, namun beberapa kriteria baik bisa didapat dari pribadi masing-masing pemimpin itu sendiri.

.Percaya Diri, Langkah ini tidak ada hubungannya dengan mengetahui apa yang sedang Anda kerjakan — selama Anda percaya diri, maka hanya akan ada sedikit orang yang bertanya. Orang selalu mengasumsikan sesuatu, dan pada saat Anda bertindak seperti seharusnya, maka mereka akan mengasumsikan bahwa Anda memang sedang melakukan yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu, pada saat Anda percaya diri, mereka akan berasumsi Anda mengetahui apa yang sedang Anda lakukan. Hal ini memberikan Anda kepercayaan, tanggung jawab, dan kehormatan.

.Jangan pernah membuat janji yang Anda yakini tidak dapat Anda penuhi. Tidak ada yang dapat membunuh kredibilitas Anda lebih cepat daripada ingkar janji atau harapan yang tidak terpenuhi. Kadang-kadang menepati janji dapat menjadi tantangan, jika hal itu tidak menyakitkan.

Komitmen ini akan mengembangkan disiplin dan integritas. Praktikan hal itu dengan anak-anak Anda termasuk rekan kerja Anda.

.Sangat bereratan kaitan point sebelumnya dengan point nomor empat ini untuk menjadi leader yang dicintai bawahannya. Dimana anda dituntut untuk tidak mendiskriminasi bawahan atau lebih mudahnya bersikap adil kepada semua bawahan.

Jika memang ada yang melanggar atau menyepelekan peraturan, berikan punishment yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya. Bersikaplah layaknya anda menjadi seorang hakim di suatu kasus, dimana keadilan menjadi hal mutlak di dalamnya.

.Tegas, tetapi baik. Karena Anda memimpin, Anda yang menentukan aturan dan batasan. Terserah Anda untuk membuat suatu sistem, irama, dan alasan untuk suatu keadaan.

Untuk melakukannya, Anda harus mempunyai pendirian dan mental yang kuat. Akan tetapi, bersikap angkuh hanya akan memunculkan keinginan untuk suatu perubahan. Berpikirlah secara logis dan pengertian pada saat Anda menyatakan peraturan yang Anda buat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.