Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur Sangat Memberi Manfaat Positif Untuk Tubuh Anda

Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur Sangat Memberi Manfaat Positif Untuk Tubuh Anda

Membaca buku sebelum tidur terbukti ampuh membuat kita tertidur lebih cepat dan nyenyak. Sebab dengan membaca buku sebelum tidur, berarti kita sudah membuat pemisah antara rutinitas sehari-hari dengan waktu menjelang tidur. Tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks saat membaca buku.Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan dengan membaca sebelum tidur :

1. Membaca buku akan membuat otak kamu lebih aktif. Membuat kamu makin fokus, memahami bahasa, meningkatkan cara berpikir, mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Bahkan bisa membantu kamu mengerti tentang ejaan bahasa yang benar.

2. Sebuah penelitian di University of Sussex menemukan bahwa membaca buku selama enam menit akan mengurangi stres sebanyak 68% jika dibandingkan dengan mendengarkan musik atau minum teh. Maka, membaca buku di malam hari sebelum tidur dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran setelah melakukan pekerjaan yang padat dan menghadapi kebisingan di jalanan.

3. Membaca dapat membantu seseorang untuk sedikit demi sedikit keluar dari kesadarannya sehingga mendorong seseorang untuk tertidur. Karena dapat membantu seseorang tidur dengan baik, tak heran banyak anak-anak yang sangat antusias untuk membaca cerita-cerita sebelum tidur. ‘Masuk’ ke dalam dunia fiksi melalui buku dapat membuat seseorang mengendurkan ketegangan yang ia rasakan sehingga ia dapat bersantai lebih baik. Karena itu, orang yang membaca sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan istirahat yang maksimal.

4. Pakar yang membahas masalah tidur mengimbau untuk menghindari cahaya terang. Misalnya cahaya dari komputer atau televisi terutama pada malam hari sebelum tidur. Untuk menghindari televisi, Anda bisa membaca buku segabai alternatif.

5. Membaca buku sebelum tidur dapat mendorong seseorang untuk mengolah informasi tanpa berbagai bantuan visual, hal ini bisa terjadi karena seseorang akan merasa terfokus terhadab buku yang mereka baca tanpa terganggu visual lainnya. Dengan begitu, otak akan terlatih untuk berkonsentrasi lebih baik.

6. Persaingan dan perkembangan sosial media di dunia ini merusak konsentrasi Anda. Bermain gadget sebelum tidur tidak membantu meningkatkan konsentrasi sedikitpun. Tapi membaca buku sebelum tidur akan memaksa kita untuk memproses informasi tanpa semua alat bantu visual dari komputer atau smartphone. Dengan demikian, otak terbantu untuk berkonsentrasi.

7. Peneliti di University of Surrey (UK) memaparkan penelitian bahwa membaca dapat mengurangi stres. Mereka menemukan fakta bahwa level stres dapat dikurangi hingga sampai 68 persen. Jadi ketika kamu merasa stres, cobalah baca satu buku sebelum tidur untuk membantumu mengurangi stres.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.