Rupiah Terbaru Dengan Keunggulan Baru

Bank indonesia ( BI ) melalui edisi uang terbaru 2016 yang bakal di keluarkan dengan sistem kamanan yang lebih tinggi.Bersamaan dengan kenaikan keaman itu maka mata uang rupiah akan menjadi mata uang yang mempunyai tingkat keamnan paling tinggi di dunia.

Karena mata uang rupiah ada 3 level keamanan yang tidak dimiliki oleh negara manapun.Suhaedi direktur eksekutif pengelolaan uang BI melantaskan kelas pengamanan duit yg diterapkan Bank Indonesia telah tepat bersama ketetapan yg natural diterapkan diberbagai negeri. cuma saja, tak seluruhnya negeri mengaplikasikan seluruh level yang ‎ada.

Dijelaskan Suhaedi, type system pengamanan duit sebuah negeri terdiri awal 3 lapisan yakni, kelas 1 (terbuka/covered), elemen pengaman yang mampu dideteksi tidak dengan pertolongan sarana (3D).

Kedua, level 2 semi( tertutup/semi covered), komponen pengaman yang sanggup dideteksi degan memakai media yang alami seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet (UV).

Sedangkan ke-3, tingkatan 3 (tertutup/covered), komponen pengaman yg cuma sanggup dideteksi dgn memakai mesin sortasi yg dimiliki oleh Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Mengenai variasi system pengamanan Rupiah kuno dgn rp baru yg akan dikeluarkan, Suhaedi menjelaskan uang baru tercantum dapat di lengkapi dgn elemen pengamanan yangg lebih sah untuk menanggulangi siklus uang palsu.

Antara lain lewat verifikasi elemen pengaman antara lain dilakukan lewat colour shifting, rainbow fitur, latent image, ultra violet fitur, tactile effect, dan rectoverso.

Tak cuma itu, design uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan pergantian rancangan terhadap wujud tanda tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) buat membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah, hal ini juga dilakukan agar para tuna netra dapat menggunaka rupiah layaknya orang-orang biasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.