Waaww Ternyata Jengkol Memiliki Manfaat Dibalik Bau Namun Enak

Waaww Ternyata Jengkol Memiliki Manfaat Dibalik Bau

Jengkol (Archidendron pauciflorum) merupakan tanaman polong-polongan yang bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah jengkol berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.Pohon jengkol dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10-26 meter. Selain sebagai salah satu menu makanan, nutrisi yang terkandung dalam jengkol juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan.

Para peneliti dari berbagai negara setuju bahwa kandungan Antioksidan yang terdapat pada buah jengkol ini emberikan dampak yang positif pada kesehatan jantung anda. Toxin atau racun dalam tubuh akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh, terutama pada pembuluh darah di jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh zat-zat antioksidan dari jengkol. Apapun yang menghambat aliran darah di pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung dalam jengkol. Mengonsumsi buah jengkol sangat bermanfaat dapat memperlancar dan jantung akan berfungsi dengan baik dan optimal.

Pembuluh darah yang menyempit akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh Anda tidak lancar. Keadaan ini dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Makanlah buah jengkol sebagai obat penyempitan pembuluh darah yang ampuh.

Jengkol juga kaya akan zat besi yang sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah berkurang. Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh juga akan menurun. Kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi pada sel-sel akan mengurangi kinerja sel dan dapat menyebabkan penyakit anemia.

Manfaat jengkol untuk ibu hamil yaitu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

Kandungan serat dalam jengkol dapat mengatasi masalah sembelit, memberikan bantuan pencernaan dan buang air besar.

Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.